Sunday, September 2, 2018

Konser musik klasik Filarmonica della Scala.



Ini pengalaman kami tanggal 10 Juni yang lalu, ketika  menyaksikan pagelaran musik klasik  di Piazza Duomo Milan. Acara bertema “ Concerto per Milano” (Konser untuk Milan) yang dimulai  pukul 21.30, benar - benar memanjakan para penggemar musik klasik. Sebuah  simfoni gratis tahunan dari Filarmonica della Scala yang mengubah jantung kota Milan menjadi gedung konser terbuka atau “Open Air"

Acara yang bertajuk sebuah hadiah diawal musim panas ini, didukung oleh pemerintah kota Milan sebagai tuan rumah juga disponsori oleh bank UniCredit, asuransi Allianz dan super market besar Italia “Esselunga”. Sebuah kesempatan emas bagi warga kota atau para turis yang sedang berkunjung di kota ini. Penampilan memukau Filarmonica della Scala di bawah gemerlapnya bintang-bintang di langit kota Milan. 

https://immagini.quotidiano.net/?url=http://p1014p.quotidiano.net:80/polopoly_fs/1.3971200.1528668122!/httpImage/image.JPG_gen/derivatives/gallery_800/image.JPG&h=495&pos=top&w=626&mode=clip
Piazza Duomo Milan.

Iklan besar-besaran konser ini sudah terlihat beberapa minggu sebelumnya, bahkan Trenord ( salah satu perusahaan kereta api di Italia ) menyiapkan tiket Trenord Day Pass khusus untuk acara ini seharga € 13. Dengan tiket ini memungkinkan kita bisa mencapai kota Milan dengan kereta api dari semua stasiun yang masih termasuk dalam area tarif yang berlaku untuk kereta api regional.

Panggung sepanjang 16 meter yang mampu menampung hampir 100 instrumentalis juga telah disiapkan, dilengkapi dengan tujuh layar LED dengan sistem audio berkualitas tinggi membuat semakin sempurnalah penampilan mereka.

Acara ini dibuka oleh wali kota Milan Giuseppe Sala, orkestra dipimpin Riccardo Chailly dan seorang pianis terkenal Rusia bernama Denis Matsuev yang didaulat sebagai bintang tamu tahun ini. 

Wali kota Milan memberikan sambutan.

Siapakah Filarmonica della Scala itu ? ini adalah sebuah organisasi yang menyatukan para musisi orkestra di gedung opera legendaris kota Milan (la Scala di Milano). Mereka melakukan berbagai konser sejak tahun 1982 di gedung opera la Scala, di kota-kota lain di Italia juga diperbagai kota di luar negeri. Organisasi ini juga banyak berpartisipasi menyokong dana berbagai organisasi sosial non profit di seluruh Italia seperti membangun rumah-rumah jompo, sekolah untuk kaum tidak mampu, membiayai berbagai penelitian dan lain-lain.

Saat ini organisasi ini dipimpin oleh Riccardo Chailly yang menjadi kondutor utama di konser musik klasik tahun ini. Pria kelahiran Milan ini memang sepanjang hidupnya berkecimpung dengan musik klasik, kegiatannya penuh dengan agenda tur nasional dan International juga berbagai rekaman musik klasik.

Konduktor Riccardo Chailly.

Sedangkan untuk bintang tamu tahun ini Denis Matsuev juga dikenal luas di penikmat musik klasik salah satunya adalah presiden Rusia Vladimir Putin. Pria kelahiran 11 juni 1975 ini memang sudah memiliki bakat bermain piano sejak usia 3 tahun. Dia memiliki darah seni dari kedua orangtuanya, ibunya seorang guru piano dan ayahnya seorang pianis dan komposer.

Di Rusia karir musiknya begitu cemerlang berbagai penghargaan berhasil diraihnya. Meskipun ingin mendedikasikan sepanjang hidupnya untuk musik tapi ada kebanggaan yang lain didalam hatinya yaitu kebanggaan pada tim sepak bola nasional Rusia “ Spartak Moscow” sejak dia kecil dan sampai sekarang dia masih tercatat sebagai pemain amatir tim nasional ini. 

Oleh karena kecintaannya pada olah raga di Olimpiade Musim Dingin 2014, Denis Matsuev mendapat tugas menjadi pembawa obor baik di upacara pembukaan maupun penutupan olimpiade. Pada April 2014 UNESCO menunjuk Denis Matsuev sebagai Duta Besar Kehormatan UNESCO dan jika masih penasaran bagaimana seorang pianis terkenal Rusia berada di arena olah raga, tunggu penampilannya sebagai Duta Besar Piala Dunia FIFA 2018.


Denis Matsuev.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, konser musik klasik di Duomo Milan selalu dihadiri banyak orang diperkirakan 30.000 orang hadir di malam kemarin. Karena jumlah kursi yang terbatas banyak penonton yang berdiri atau duduk di lantai sambil menikmati alunan musik dari kejauhan. Beruntung cuaca malam itu sangat cerah meskipun sedikit berangin sehingga pengorbanan untuk sampai ditempat ini tidak sia-sia. 

Sejak minggu siang pengontrolan di kawasan Duomo sekitarnya mulai diperketat. Untuk tindakan keamanan, semua yang hadir di konser harus diperiksa oleh polisi sebelum memasuki Piazza Duomo. Berbagai larangan juga mulai diberlakukan salah satunya adalah larangan membawa ransel.

Tapi bagi yang tidak bisa hadir di tempat ini, konser ini juga disiarkan langsung oleh televisi nasional Italia Rai 5, di portal web RaiPlay dan di Radio3. Dengan kolaborasi RaiCom, acara ini bahkan disiarkan langsung oleh Arte di Perancis dan di negara-negara yang berbahasa Prancis. Kemudian disiarkan juga di Yunani, Korea, Slovenia, Hongaria, Jepang dan Cina meskipun awalnya sempat ditangguhkan penayangannya. Arrivederci…

Trailer Filarmonica della Scala :



Sumber https://www.ilgiorno.it/milano/cultura/concerto-duomo-1.3970193

2 comments:

  1. Infonya bermanfaat sekali, terimakasih sudah sharing.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan, bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan berbagai macam event seperti pesta ultah, pernikahan, pameran, dll. Bisa menghubungi kami Arthur Teknik.

    Untuk baca artikel-artikel terbaru dari kami bisa cek di sini : http://blog.arthurteknik.com/

    ReplyDelete

More articles

Holocaust Memorial Milan.

Other posts