Monday, January 28, 2019

Kastil "The Little Mermaid" di kota Montreux, Swiss.


Jika Anda penggemar kartun Disney dan sedang berada di Swiss, sempatkanlah mengunjungi Castle of Chillon di kota Montreux. Kastil yang menginspirasi desainer Disney untuk membuat istana Pangeran Erik dalam film kartun "The Little Mermaid". Kastil bersejarah yang paling banyak dikunjungi di negara ini.

Kastil Chillon dikenal juga dengan sebutan kastil air. Berdiri dengan megah di sebuah pulau berbatu di ujung timur danau Jenewa. Mulai dibangun sekitar tahun 1000, di titik strategis perbatasan utara dan selatan Eropa. Dengan latar belakang pemandangan alam yang luar biasa indahnya, karena berada diantara danau Jenewa, sungai Rhone, pegunungan Alpen dan kota Montreux. 

Pada tahun 1150, kastil berhasil dikuasai oleh kerajaan Savoy dan sejak tahun 1200, kastil dijadikan rumah kediaman keluarga Kerajaan. Di bawah perintah Pangeran Tommaso I Savoy (1189-1233), kastil Chillon direnovasi dan diperluas di bagian lantai dasar bangunan.

Castle of Chillon.

Tahun 1536, ketika dikuasai kerajaan Bernese, kastil Chillon berubah fungsi menjadi benteng pertahanan, gudang senjata dan penjara. Setelah dimiliki penguasa Vaud tahun 1803, sedikit demi sedikit kastil direstrukturisasi. Proyek ini berhasil menyatukan bayangan masa lalu dan cahaya masa depan kastil dengan mengubahnya menjadi museum dan objek wisata, namun perannya sebagai penjara tetap dipertahankan.

Kini, kastil Chillon menawarkan berbagai kegiatan sepanjang tahunnya, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Menyediakan tur pemandu, mengadakan berbagai pameran dan lokakarya, acara – acara pribadi seperti pesta ulang tahun dan lain – lain.

Kastil dibuka untuk umum setiap harinya, kecuali tanggal 1 Januari ( Tahun baru) dan 25 Desember (Natal). Selama musim dingin (November – Februari ) buka dari jam 10.00 – 17.00. Untuk bulan Maret dan Oktober, kastil buka dari jam 9.30 – 18.00. Musim panas, kastil Chillon buka lebih panjang, mulai dari jam 9.00 – 19.00. 

Ruangan bawah tanah kastil Chillon.

Tempat ini mudah dicapai, karena kereta api atau bis umum dari kota – kota besar Swiss, banyak yang menuju kota Montreux. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari perbatasan Italia – Swiss, diperlukan waktu sekitar 1,5 jam. Kendaraan melewati Gran San Bernardo, terowongan sepanjang 5.798 m yang menghubungkan lembah Aosta - Italia dan wilayah Valais - Swiss.

Sampai di tempat tujuan, parkir kendaraan di area parkir yang tidak jauh dari kastil. Kemudian berjalan melewati jembatan kayu dan menuju pintu gerbang utama. Namun sebelum membeli tiket masuk, sempatkan berjalan – jalan di sebuah taman yang indah di sekitar kastil atau menikmati pemandangan alam di sekitar danau.

Begitu masuk kastil, kita akan langsung diarahkan pemandu ke ruangan bawah tanah. Lorong panjang yang digunakan sebagai penjara kuno sejak tahun 1290. Di tempat ini banyak para sandera dan tahanan kehilangan harapan dan mati kedinginan. Jejak – jejak itu masih terlihat jelas, saat kita melewatinya. Cahaya terang yang masuk hanya dari jendela kecil dan rantai – rantai itu masih terikat kuat pada tiang – tiang yang kokoh. 

Koleksi senjata kerajaan Savoy.

Suasana pilu dan sendu berubah seketika, saat kita memasuki rumah kediaman bangsawan Chillon. Membayangkan kehidupan mereka saat itu, sambil memasuki ruangan itu satu per satu. Ada ruang makan Castellano, kamar tidur Bernese, ruang Pietro II Savoy, aula Nova dei Savoia dan kapel St. George tempat keluarga kerajaan berdoa. Sepanjang dinding terlihat lambang - lambang kerajaan Savoy. Lambang bermotif chevron merah dengan latar belakang putih yang dilukis oleh Ernest Correvon. 

Dibeberapa titik di kastil ini memiliki panorama yang indah untuk dinikmati dan diabadikan. Terlihat ada pintu gerbang kecil untuk bongkar muat barang atau pintu untuk melarikan diri melalui danau. Pintu pelarian ini pernah digunakan pada tahun 1536, ketika kastil ditaklukkan orang-orang Bernese. 

L’aula magna del castello adalah ruangan tempat keluarga Savoy menerima tamu. Ruangan berlantai marmer hitam dengan jendela besar yang langsung menghadap danau Jenewa. Beberapa menara juga bisa kita kunjungi, diantaranya: menara pertahanan, termasuk ruangan koleksi senjata dan menara yang digunakan sebagai ruangan parlemen kerajaan Savoy.

Salah satu sudut kota Montreux.

Sebenarnya puisi yang berjudul “The Prisoner of Chillon” adalah salah satu alasan, mengapa kastil Chillon terkenal di Eropa dan dunia. Puisi 392 baris yang ditulis dalam bentuk novel oleh sastrawan Inggris, Lord Byron pada tahun 1816. Puisi dengan dasar sejarah yang akurat, menginspirasi Byron juga untuk membuat operet terkenal "Byroniano". Mengisahkan penderitaan seorang biarawan Genevois, François Bonivard yang dipenjara di kastil Chillon dari tahun 1532 sampai tahun 1536.

Beberapa baris puisi itu…..

Lake Leman lies by Chillon’s walls:
A thousand feet in depth below
Its massy waters meet and flow;

Thus much the fathom-line was sent
From Chillon’s snow-white battlement,
Which round about the wave enthrals:

A double dungeon wall and wave
Have made – and like a living grave
Below the surface of the lake

The dark vault lies wherein we lay .
…..

Sejak saat itu atau sekitar akhir tahun 1800-an, kawasan ini menjadi tempat tinggal favorit para bangsawan Eropa, terutama bangsawan Inggris. Banyak diantara mereka tertarik dan terpesona oleh novel Lord Byron, selain dari itu, Montreux memang kota yang sangat menawan dan romantis. 

Kota yang bisa membuat orang langsung jatuh hati, saat pertama kali mengunjunginya. Kota yang tenang, bersih dan tertata dengan rapi. Bangunan –bangunan kuno dan modern berdiri berdampingan, semakin indah dengan keberadaan rumah – rumah asli bergaya Art Nouveau

Danau Jenewa.

Riak danau Jenewa dan salju yang menutupi pegunungan Alpen menambah suasana kota Montreux semakin damai. Maka gak heran, kalau kota ini menjadi dambaan banyak orang di seluruh dunia untuk mengisi hari libur mereka. 

Berjalan santai sepanjang tepi danau, saat matahari mulai meninggi di musim semi. Memandang dari kejauhan kebun – kebun anggur yang ditanam bertingkat, dari puncak yang curam menuju ke arah danau.

Sesekali duduk di taman di bawah pohon pinus atau pohon palem sambil melihat bunga – bunga aiuole bermekaran. Saat tak satupun perahu melintas di danau yang tenang, pertanda angsa, burung camar, bebek dan ikan - ikan menjadi tuan rumah, yang akan menerima kita dengan ramah. Arrivederci…

Trailer Castle of Chillon:


Sumber:
http://www.vperviaggiare.it/visitare-castello-di-chillon/

No comments:

Post a Comment

More articles

Holocaust Memorial Milan.

Other posts